oleh

Angka Penyebaran Covid-19 Meningkat, Pemkab SBD Perpanjang Masa Tugas Satgas

TAMBOLAKA, SEPANGINDONESIA.CO.IDJumlah warga meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten SBD, NTT bertambah. Satu lagi pasien positif Covid-19 meninggal pada Selasa (06/04/2021) di RS Karitas Waitabula. Korban berinisial ALD ini adalah warga Desa Karuni, Kecamatan Loura. Dengan demikian, hingga 07 April 2021 jumlah pasien terkonfirmasi positif yang meninggal mencapai delapan orang.

Tidak seperti penanganan jenazah sebelumnya yang sempat bersitegang dengan pihak keluarga, tugas tim kali ini berjalan lancar. Keluarga korban menyerahkan sepenuhnya pemulasaran jenazah sejak masih di RS hingga dikebumikan sesuai tata protokol pemakaman jenazah covid-19. Bahkan rumah bersangkutan pun distrelisasi dengan desinfektan. Salah satu anggota keluarga yang enggan disebut namanya mengaku salut atas tindak penanganan yang dilakukan Tim Satgas Covid-19 SBD.

“Kami menyadari betapa virus ini sangat berbahaya. Karena itu, keluarga dukung tindakan tim Satgas Covid-19 dalam penanganan jenazah sesuai protokol yang ditetapkan. Ini penting demi keselamatan bersama, terlebih untuk mengendalikan penularan virus kepada masyarakat luas. Kiranya ini dapat menjadi contoh bagi keluarga lainnya apabila masih ada kasus meninggal karena Covid-19,” imbuhnya.

Hingga Rabu (07/04/2021), data yang dirilis Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten SBD menyebutkan, kasus suspek mencapai 399 orang. Dari angka ini, 320 orang telah selesai dipantau, 78 orang masih dalam pemantauan, dan satu orang meninggal. Sedangkan untuk kasus probable sendiri mencapai 45 orang, dengan rincian sembuh 17 orang, masih dirawat 23 orang, dan meninggal dunia lima orang.

“Jumlah data kontak erat sampai hari ini mencapai 1.043 orang, dimana 9.000 selesai dipantau dan 143 masih dalam pemantauan. Kasus terkonfirmasi positif ada 263 orang, dengan rincian 70 orang masih menjalani perawatan, 185 orang sembuh, dan korban meninggal delapan orang,” ungkap Juru Bicara Satgas drg. Yulianus Kaleka kepada media ini.

Sesuai hasil evaluasi penyebaran Covid-19 dimana terjadi peningkatan kasus, Pemkab SBD melalui Satgas Penanganan Covid-19 memperpanjang masa tugas anggota Satgas untuk bulan April 2021. Surat Nomor : Posko.440.06/975/Covid-19/53.18/III/2021 ini merujuk pada Instruksi Bupati SBD tertanggal 30 Maret 2021. Dalam surat ini Tim Satgas Covid-19 diperintahkan untuk mengadakan razia masker bagi masyarakat umum di berbagai tempat strategis pada wilayah Kota Tambolaka dan sekitarnya. Tim juga ditugasi memantau dan memastikan penerapan protokol kesehatan di seluruh fasilitas publik. Bagi warga yang melanggar protokol kesehatan akan dikenakan sanksi sesuai Peraturan Bupati SBD Nomor 36 Tahun 2020.

Atas instruksi ini, Tim Satgas Covid-19 melakukan razia masker bagi masyarakat umum sejak Kamis (01/04/2021). Namun razia kali ini masih berupa teguran bagi warga yang tidak menggunakan masker. Warga yang terjaring razia diberi pemahaman oleh tim Satgas untuk selalu menggunakan masker demi menghindari penularan virus berbahaya ini. Pada razia mendatang baru kita tindak tegas sesuai sanksi yang termaktub dalam perbup, tandas ketua harian Posko Jenga Mathias.    

Dari pemetaan wilayah, Kecamatan Kota Tambolaka menduduki peringkat pertama dengan jumlah kasus 95 orang. Sedangkan Kecamatan Wewewa Barat berada di peringkat kedua dengan 57 kasus, Kecamatan Loura 51 kasus, Kecamatan Wewewa Timur 19 orang, disusul Wewewa Tengah 14 orang. Sementara di kecamatan lain yakni Kodi 10 orang, Kodi Utara delapan orang, Kodi Bangedo dan Wewewa Selatan masing-masing tiga orang, Wewewa Utara dua orang, serta satu orang di luar SBD.

Dalam skala desa, peringkat pertama diduduki desa Waimangura di Kecamatan Wewewa Barat dengan jumlah kasus 43 orang, disusul Kelurahan Langgalero dengan 31 kasus, dan Desa Weelonda dengan 23 kasus di Kecamatan Kota Tambolaka. Informasi hingga tanggal 07 April 2021, update hasil pemeriksaan Rapid Antigen RSU Pratama Reda Mbolo Tambolaka terkonfirmasi delapan orang positif.  (**Julius Pira/SI )

Komentar

News Feed