oleh

Taman Bacaan Masyarakat Pulau Ende Buka Pos Baca Di Setiap TPA

ENDE, SEPANG INDONESIA.CO. ID Gerakan Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sumber informasi sangat berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang literasi karena berfungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal ini  sangat membantu dalam mengubah masyarakat di sekitar Taman Bacaan Masyarakat (TBM) menjadi masyarakat yang menyukai informasi atau yang biasa disebut masyarakat literasi informasi. Manusia adalah makhluk yang cerdas baik secara IQ, EQ dan SQ. Hal itu dapat dicapai dengan sempurna jika manusia bersedia menggali informasi.

Salah satu Taman bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Pulau Ende melakukan gerakan persuasif yang tepat sasaran guna mengembangkan budaya membaca.

Dari pantauan SEPANGINDONESIA.CO.ID dalam kegiatan sosialisasi Ketua TBM Pulau Ende, Hifni Djafar (Jumat, 02/04/2021) yang mengatakan, “Gerakan ini berguna  bagi santri untuk dapat memahami tata cara membaca, dan mengambil hikmah Rasulullah SAW yang pernah menerima Wahyu berupa bacaan Iqro.”

Lebih lanjut dijelaskan Hifni, Taman Bacaan Masyarakat Rumah Kreatif Sahabat Nusantara (TBM RKSN) yang berdiri sejak tahun 2011 berbasis relawan berpusat di Dusun Kemo, Desa Rendoraterua terus memberikan pelayanan literasi di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pada tahun 2021 membuat program terbaru dengan nama POS BACA. Tujuan dari program ini adalah untuk mendekatkan pelayanan Literasi se-wilayah Kecamatan Pulau Ende sekaligus mengajak masyarakat menghidupkan gerakan literasi di setiap desa. Apalagi program ini sudah berjalan sejak Januari 2021 hingga awal Bulan April TBM RKSN sudah membuka Tujuh (7) POS baca yang tersebar di Lima Desa.

Hifni berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan minat baca khususnya bagi generasi di setiap desa sekaligus menambah keakraban dan kesolidan antar tim TBM RKSN dengan guru TPA – TPA dan masyarakat Pulau Ende.

Sementara itu Ketua TPA AL Ma’arif Ekoreko, Rizal Usman mengatakan, “Upaya budaya literasi bacaan ini terus digalakkan, apalagi kegiatan ini menciptakan kemaslahatan masyarakat khususnya santri.

Meski demikian, kata Rizal kegiatan ini dapat menunjang pembangunan nasional pada taraf pendidikan yang dapat mencerdaskan anak bangsa secara khusus dan kita perlu mendorong kegiatan literasi ini pada jangka panjang untuk terus membudayakan dunia bacaan.

Perlu diketahui sasaran kegiatan TBM ini diantara nya .

1. Pos baca ALqurobah di TPA ALqurobah Desa Redodori                                   

2. Pos baca ALIsro di TPA Alisro Desa Redodori               

3. Pos baca Aqilah di TPA Aqilah Desa Ndoriwoy             

4. Pos baca Almuminin di TPA Almuminin Desa Puutara                                    

5. Pos baca Al ma’arif di TPA ALma’rif Desa Rorurangga                              

6. Pos baca Kema Sama di Desa Paderape                         

7. Pos baca Smanpend di SMAN Pulau Ende .                  

Setiap kali membuka Pos Baca, Tim TBM RKSN slalu mensosialisasikan gerakan Literasi sekaligus membuat acara literasi seperti bermain, diskusi literasi, membaca, menggambar mewarnai,dll. Dalam setiap pos akan mendapatkan peminjaman buku – buku dari TBM RKSN. Sistemnya setiap Pos Baca akan bergiliran bertukaran buku antar pos. Bila ada warga masyarakat bersedia mendukung dan berpartisipasi kegiatan ini, dapat menghubungi nomor HP. 082 359 107806. (**TIM/SI)

Komentar

News Feed