oleh

Terkait Bencana di Kebirangga, Camat Maukaro Lapor Bupati

ENDE, SEPANGINDONESIA.CO.IDBencana yang disebabkan tiupan angin yang kencang dan gelombang air pasang yang naik menghempas puluhan rumah warga di Desa Kebirangga dan Desa Magekapa.

Kejadian itu disikapi serius Pemerintah Kabupaten Ende yang difasilitasi pihak Camat Maukaro Ignas Bewa Kapo dengan menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak kemarin siang (Sabtu, 03/04/2021) diantaranya,  Kepala Desa Kebirangga, Yoakim Sumbi,  Anggota DPRD Ende Samsudin, ST (PKB) dan Siprianus Pendi, S.Sos (Gerindra), Kapolsek Maukaro Ipda Anton Sari Kewuta. Dalam pertemuan tersebut sempat beraudiens langsung dengan warga yang terkena bencana.

Hal diatas disampaikan Camat Maukaro Ignas Bewa Kapo kepada SEPANGINDONESIA.CO.ID via seluler (Minggu, 04/04/2021).

Pertemuan yang dilakukan Camat Maukaro dengan pihak terkait tersebut akhirnya berkesimpulan secara tertulis sebagai berikut:

Pada tanggal 2 April 2021, telah terjadi Angin kencang dan pasang naik di Desa Kebirangga (Dusun Nioniba dan Dusun Kebirangga 1) dan Desa Magekapa (Dusun Nggemo). Air pasang naik, menimbulkan kerusakan yakni :

1. Pengikisan pada fondasi rumah.

2. Genangan air dan timbunan pasir.

3. Motor ketinting dan perahu yang rusak.

Telah dilakukan pertemuan bersama Camat Maukaro, Kapolsek Maukaro, Anggota DPRD kabupaten Ende Dapil II, Kepala Desa Kebirangga, dan warga masyarakat yang mengalami bencana.

Dan untuk diketahui sebanyak 70 KK yang berada di Desa Kebirangga, dan 6 KK di Desa Magekapa yang terdampak langsung terhadap angin kencang dan pasang naik.

Hasil yang disepakati :

1. Kepada masyarakat tetap waspada terhadap pasang naik dan angin kencang.

2. Masyarakat meminta supaya dibangun tembok penahan / tanggul, sepanjang 1300 meter.

3. Sampai dengan saat ini, Camat bersama pemangku kepentingan masih berada di lokasi.

Notulen hasil pertemuan ini kemudian dilaporkan Camat Maukaro Ignas Bewa Kapo kepada Bupati Ende Drs. H. DJafar H. Achmad, MM. (**TIM/SI)

Komentar

News Feed