oleh

Terobosan Kreatif Presisi Kapolsek Pulau Ende Selama 8 Bulan

ENDE, SEPANG INDONESIA CO.ID – Terobosan yang dilakukan Kapolsek Pulau Ende selama 8 bulan lebih dibawah pimpinan Ipda Kamaludin dengan Motto  ‘SILATURAHIM’ merupakan bentuk Kreatif Presisi (POLRAHMI ~ BERIMAN ; Polisi Silaturahmi ~ Berhenti Miras Situasi Aman) hal ini menindaklanjuti Commander Wish Kapolri dan Polres Ende.

Kepada SEPANGINDONESIA.CO.ID (Senin, 03/05/202), Kapolsek Pulau Ende Ipda Kamaludin menjelaskan ada 9 terobosan kreatif PRESISI diantaranya,

Pertama, Pelayanan SKCK “DOOR To DOOR” (SKCK dari rumah ke rumah) dilaksanakan perdana pada hari Rabu tanggal 28 April 2021, 15.30 WITA di Desa Puutara, Kec. Pulau Ende  secara terus menerus dan berkelanjutan oleh Unit Intelkam Polsek Pulau Ende terhadap masyarakat membutuhkan pelayanan SKCK.

Kedua, POLATEN MAS (Polisi Ada di Tengah Masyarakat), Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari oleh anggota SPKT dan Unit Sabhara Polsek Pulau Ende dengan cara Patroli, Sambang, Himbauan, Pengamanan kegiatan masyarakat seperti Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dan  patroli ke desa pesisir yang rawan abrasi laut dan gelombang pasang.

Ketiga, BAPAKADES (Bhabin dan Binmas Penyuluhan Kamtibmas di Desa dan Sekolah) kegiatan ini terhadap masyarakat dan di sekolah setiap hari Senin dalam setiap Minggu dan Bulan, dilaksanakan secara langsung tatap muka dengan para audiensi dengan memberikan penyuluhan dan himbauan Kamtibmas, hukum, bahaya Narkoba dan bahaya mengkonsumsi miras ke desa – desa dan sekolah secara bergiliran. Sehingga warga  semakin  mengenal hukum dan dapat memberikan pengetahuan hukum di usia dini kepada para murid sekolah.

Keempat, NGOBAR POLMAS (Ngobrol Bareng Polisi & Masyarakat) Kegiatan ini dilakukan setiap hari langsung ke rumah rumah warga (Door to Door) dan  Kantor Desa untuk bertatap muka bersilaturahmi dengan warga di setiap desa sesuai jadwal dan Desa binaannya masing – masing dengan mengharpkan kepada  warga dapat lebih terbuka kepada Polisi untuk bertanya ataupun meminta saran pendapat atau mencari solusi dalam permasalahan di desa. Sehingga dapat menyelesaikan permasalahan melalui proses hukum dan dapat meningkatkan tingkat keparcayaan terhadap Polri (Public Trust).

Kelima, COMING to DESA MAS (Coffee Morning Kades, Tokoh Masyarakat dan Kanit Binmas serta Bhabinkamtimas) Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Selasa dengan diharapkan dengan terjalin erat unsur 3 pilar di desa dapat memperkuat sinergitas dan soliditas antar instansi yang ada di desa dan menjaga kamtibmas di desanya masing masing. Termasuk dalam mengawal Dana Desa agar tidak terjadi penyimpangan ataupun dapat memberikan masukan agar proyek berjalan sesuai yang diharapkan.

Keenam, KAIDAH SIBERKAT (Kegiatan Ibadah Polisi Bersama Masyarakat) Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota Polsek Pulau Ende bersama masyarakat dengan cara sholat Jumat  berjamaah sekaligus safari Jumat serta melaksanakan himbauan kamtibmas dengan masyarakat untuk mempererat hubungan kemitraan antara polisi dan masyarakat.

Ketujuh, BARAKALLAH (Bhayangkara Bersedekah Karena Allah) Kegiatan ini  dengan memberikan sebagian rezekinya setiap masyarakat kelompok usia rentan dan kelompok anak kecil, yang dengan sebagian rejeki seorang Bhayangkara diberikan langsung kepada masyarakat desa yang dinilai kurang mampu atau membutuhkan di 9 desa secara bergiliran yang ada di wilayah hukum Polsek Pulau Ende.

Kedelapan, “MJMA” (My Job My Adventures~Pekerjaan Saya Petualangan Saya) Kegiatan ini juga dilakukan oleh seluruh anggota Polsek Pulau Ende ke pelosok ataupun ke kampung-kampung di perdesaan yang kurang sentuhan dan binaan polisi. Sekaligus melakukan Patroli Karhutla di sepanjang jalur dan sekaligus menghimbau kepada warga yang sedang bekerja dilahan kebun tidak boleh dengan cara membakar sehingga tetap menjaga kelestariannya.

Kesembilan, L.E.B.A.H” (Law Enforcement & Brave to Action Honestly ~ Penegakan Hukum & Berani Bertindak Jujur) Ini adalah tim khusus yang terdiri dari Unit Reskrim, Unit Intelkam dan Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Ende, tim ini dibentuk, diawasi dan dikendalikan langsung oleh kapolsek  yang dipercaya sehingga setiap peristiwa yang meresahkan masyarakat dengan cepat dan tepat tanpa rekayasa dalam penegakkan hukum dapat terungkap, uniknya nama tim ini menyadur dari filosofi hewan Lebah, dimana bila Lebah hanya sendiri kurang ditakuti oleh siapapun, namun bila Lebah sudah berkumpul tidak akan ada yang berani mendekat, dan juga seperti Madu dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak, sehingga  Polsek Pulau Ende berkomitmen dengan hadirnya polisi di setiap desa dan lapisan masyarakat diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di 9 desa yang ada di wilayah hukum Polsek Pulau Ende.

Untuk diketahui, sembilan (9) Terobosan Kreatif *POLRAHMI~BERIMAN* Polsek Pulau Ende  dijadikan salah satu _*”Terobosan Kreatif PRESISI”*_ yang ditunjuk oleh Polres Ende untuk mencanangkan Zona Integritas (ZI) pada hari Selasa tanggal 27 April 2021 , jam 10.00 WITA menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM), dibawah pimpinan Kapolres Ende AKBP ALBERTUS ANDREANA, SIK. **(RIZ/SI)

Komentar

News Feed